Implementasi PAKEM pada Pembelajaran SBdP di Kelas V SDI Beru Kabupaten Sikka

Authors

  • Aisyah Putri Wardana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Yoanita Dewi Roswita Kolo Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Benyamin Regi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan implementasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) pada pembelajaran SBdP di Kelas V SDI Beru.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu para siswa dan guru wali kelas V SDI Beru. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni observasi dan wawancara. Observasi dilakukan terhadap aktivitas guru dan siswa sedangkan wawancara yang diterapkan adalah wawancara semi terstruktur yang dilakukan terhadap guru dan para siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SBdP di kelas V SDI Beru mencerminkan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keaktifan siswa dalam bertanya, mengemukakan gagasan, berdiskusi dan bekerja sama dalam pembuatan vas bunga dengan menggunakan bahan dari berbagai barang bekas serta menghasilkan berbagai macam bentuk vas bunga yang unik dan menarik. Siswa sangat bersemangat dan mudah memahami cara pembuatan vas bunga karena guru menayangkan video terlebih dahulu yang berkaitan dengan materi dan dalam proses pembelajaran diselingi dengan menyanyikan lagu anak yang membuat siswa tidak merasa jenuh dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa PAKEM sudah diterapkan dalam pembelajaran SBdP sebagaimana mestinya dan memberikan dampak positif bagi siswa/i kelas V SDI Beru. Kata Kunci: PAKEM (Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, menyenangkan), pembelajaran SBdP

Published

2024-07-08