Pengaruh Penggunan Media Audiovisual Untuk Menigkatkan Hasil Belajar IPS Materi Lingkungan Alam dan Buatan Pada Siswa Kelas III SD Inpres Beru

Authors

  • Anastasia Perti Zaghang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Estrado Isaci Selestiano Rodriquez Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Marianus Yufrinalis Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual  dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi lingkungan alam dan buatan pada  siswa kelas  III SD Inpres Beru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah pre-eksperimen (pre-experimental) dengan desain penelitian one group pretest and posttest. Teknik pengambilan sample menggunakan nonprobability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dengan instrumen yang digunakan berupa soal tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa  ada peningkatan setelah menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t hitung sebesar 12.660 sedangkan t table dengan dk = dan taraf signifikan = 0,05 adalah  1,7011. Dengan demikian dapat dikatakan terdapat  pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap peningkatan hasil belajar IPS materi lingkungan alam dan buatan pada siswa kelas  III SD Inpres Beru. Kata kunci :Media  Audiovisual, Hasil Belajar, IPS.

Published

2024-07-08