Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDI Iligetang

Authors

  • Paskalis Wolo Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Maria Angelina Fransiska Mbari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Marsela Rinielda Dua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Iligetang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretets-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis.  Hasil penelitian diperoleh bahwa, rata-rata nilai posttest 80 meningkat setelah menggunakan model pemebelajaran snowball throwing dibanding dengan nilai rata-rata pretest 60. Hasil penelitian menunjukan t-tabel sebesar 2,120 dan t-hitung sebesar 1.7247 kemudian hasil t-hitung dikonsultasi dengan t-tabel untuk uji satu pihak dimana t-tabel (N=20), selanjutnya karena t-tabel > t-hitung sehingga hipotesis alternatif yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa  diterima  dan hipotesis nihil yaitu tidak terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa  ditolak. Kata kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar, IPA.

Published

2024-07-08