Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SDN Napunglangir

Authors

  • Agiltriani Yunita Tetik Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Yohanes Ehe Lawotan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Maria Helvina Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe think pair share berbantuan media puzzle pecahan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan design penelitian one group pretest-design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest  siswa meningkat setelah penggunan model kooperatif tipe think pair share berbantuan media puzzle pecahan dibandingkan dengan rata-rata nilai pretest. Hasil penelitian menunjukkan ttabel sebesar 9,003 dan thitung sebesar 15,643 kemudian hasil thitung dikonsultasikan dengan ttabel untuk untuk uji satu pihak dimans ttabel (N=12) karena thitung >ttabel berarti hasil kedua sampel berbeda secara signifikan yang menandakan hipotesis alternative (Ha) diterima yakni terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif tipe think pair share berbantuan media puzzle pecahan terhadap hasil belajar siswa materi penjumlahan pecahan kelas V SDN Napunglangir maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pemgaruh penggunaan model kooperatif tipe think pair share  berbantuan media puzzle pecahan terhadap hasil belajar siswa materi penjumlahan pecahan kelas V SDN Napunglangir. Kata Kunci : Model Kooperatif, Think pair share, Media puzzle pecahan, Hasil belajar, Matematika

Published

2024-07-08