Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SDI Iligetang

Authors

  • Agustina Darmin Mau Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Maria Angelina Fransiska Mbari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Hermus Hero Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SDI Iligetang. Penelitian ini Menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas I yang berjumlah 26 Orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai posttest siswa meningkat setelah penggunaan Media Kartu Kata dibandingkan dengan rata-rata nilai prettest. Hasil penelitian menunjukan t-tabel  sebesar 1.7056  dan t-hitung  3,470. Kemudian hasil t-hitung dikonsultasikan dengan ttabel untuk uji satu pihak dimana t-tabel (N= 26). karena t-hitung > t-tabel  berarti hasil kedua sampel berbeda secara signifikan yang menandakan hipotesis alternative  (Ha) diterima, yakni terdapat pengaruh penggunaan media  kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan  peserta didik kelas I SDI Iligetang. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SDI Iligetang. Kata Kunci: Pengaruh, Media Kartu Kata, Membaca Permulaaan.

Published

2024-07-08