Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Ritual Adat Masyarakat Tana Ai Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDK 124 Nataleba

Authors

  • Theresa Kurniati Maris Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Desi Maria El Puang Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Hermus Hero Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media  pop up book  terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDK 124 Nataleba. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen model Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 orang siswa. dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan awal (pretest) sebelum menggunakan media pop up book  mendapatkan nilai rata-rata dengan persentase sebesar 51,85% dan hasil kemampuan akhir (posttest) sesudah menggunakan media pop up book  mendapatkan nilai rata-rata dengan persentase sebesar 81,48%. Hasil pengujian dengan menggunakan uji-t diketahui nilai thitung sebesar 10,696 > ttabel 32,593 pada taraf signifikan 5%. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, bisa juga dilihat pada nilai signifikan (2- tailed) 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pop up book terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SD. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop up book pada mata pelajaran IPS materi berbasis ritual adat masyarakat Tana Ai dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Kata kunci: Media Pop Up Book, Ritual adat, Hasil Belajar IPS

Published

2024-07-08