Pengembangan Bahan Ajar IPAS Kelas ? Berbasis Kearifan Lokal Wulublolong Kecamatan Solor Timur, Kabupaten Flores Timur

Authors

  • Rosvita Hingi Kewuka Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Hermus Hero Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa
  • Sonya Maria Kristiani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nusa Nipa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar pada materi berbasis kearifan lokal untuk kelas IV SDI Wulublolong, serta menganalisis respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop and Disseminate). Instrumen penelitian berupa angket respon yang diberikan kepada siswa. Kelayakan produk dianalisis melalui hasil validasi ahli bahasa dan ahli media serta angket yang dinilai oleh siswa. Hasil penelitian diperoleh berupa produk bahan ajar berbasis kearifan lokal, serta hasil penilaian KPS siswa. Hasil validasi produk diperoleh skor 80% dengan kategori “sangat baik” dan hasil penelitian uji coba produk diperoleh skor rata-rata 8,9 dengan kategori “sangat baik” dan hasil penelitian KPS diperoleh skor rata-rata 83,33 dan 83,16 yang juga termasuk dalam kategori sangat ?baik. Secara keseluruhan bahan ajar berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas IV SDI Wulublolong pada materi kearifan lokal layak digunakan dalam mata pelajaran IPAS disekolah. Kata kunci: Bahan ajar, IPAS, kearifan lokal

Published

2024-07-08